Analisa SWOT Usaha Peternakan Lebah di Indonesia

Berdasarkan butir-butir analisis SWOT, maka usaha peternakan lebah di Indonesia khususnya di Jawa Timur bisa diuraikan sebagai berikut:

Strength

  • Ketersediaan sarana produksi
  • Pilihan produk lebah madu yang sangat beragam
  • Harga terjangkau bagi konsumen
  • Produk yang dihasilkan oleh peternak lebah madu yaitu berkualitas dan unggulan
  • Adanya kelompok peternak lebah untuk meningkatkan penjualan produk
  • Manajemen budidaya telah diterapkan
  • Rantai pemasaran pendek

Weakness

  • Kekurangan modal pada peternak lebah kecil
  • Lokasi yang kurang strategis untuk penggembalaan lebah madu
  • Kurangnya pengetahuan membuat alternatif pakan saat musim hujan
  • Kurangnya dalam memaksimalkan pemasaran
  • Peralatan yang kurang modern

Opportunity

  • Pangsa pasar yang luas
  • Permintaan konsumen yang tinggi
  • Keamanan kemasan produk
  • Memaksimalkan pemasaran
  • Kualitas produk diakui konsumen

Treat

  • Pesaing yang bergerak di bidang yang sama (madu import dan madu palsu)
  • Pesaing yang memberikan harga miring
  • Pesaing yang lebih dulu memanfaatkan teknologi dalam mengelola produk dan memasarkan produk

Berdasarkan kondisi usaha peternakan lebah di atas dan butir-butir analisis SWOT, maka dengan ini kami bersepakat untuk membentuk Research Group Perlebahan Dan Teknologi Produk Hasil Lebah, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya untuk bisa memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan produk lebah madu guna menuju standart nasional melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.